021-2992-4473 021-2265-5517

blog

Blog / Tutorial: Mengganti Front Camera iPhone 7 Plus


Tutorial: Mengganti Front Camera iPhone 7 Plus

Level Kesulitan: 


Waktu Pengerjaan:


Langkah Pengerjaan:

Medium


15-30 menit


12 langkah

Alat-alat yang dibutuhkan:

1. Obeng Pentalobe

2. Suction Cup

3. Opening Pick

4. Obeng Y

5. Obeng Phillips 

6. Tweezers

7. Spudger

Buat para Apple Lovers yang saat ini LCD perangkatnya mengalami kerusakan tapi ingin mencoba untuk perbaikinya sendiri, kalian bisa lihat panduan perbaikan perangkat versi iColor untuk dijadikan sebagai acuan.


Perlu diperhatikan, pada saat melakukan pembongkaran. Sebaiknya perangkat kalian dalam keadaan mati dan lakukan dengan hati-hati, karena banyak kabel-kabel penting yang jika terputus dapat membuat perangkat kalian menjadi rusak, bahkan mati total. Yuk simak baik-baik panduan tutorial ini!


Langkah 1


Buka 2 sekrup Pentalobe berukuran 3,4 mm yang mengunci rear case. Tepatnya berada di samping kiri dan kanan lubang konektor kabel lightning.


Langkah 2


1) Tempelkan suction cup pada layar iPhone.



2) Jika sudah terdapat sedikit celah, masukkan opening pick untuk membuka sisi iPhone yang lain. Kemudian buka layar iPhone seperti membuka sebuah “buku”, buka hingga 90 derajat.


Langkah 3


Buka 3 sekrup tri-point Y000 berukuran 1,2 mm (3 buah, ditandai dengan warna merah) dan 2,6 mm (1 buah, ditandai dengan warna orange) yang mengunci plat pelindung kabel lower display ke logic board. Kemudian angkat plat pelindungnya menggunakan tweezers.


Langkah 4


1) Cungkil konektor baterai dari soketnya menggunakan spudger.



2) Cungkil 2 konektor lower display menggunakan spudger.


Langkah 5

Buka 3 sekrup tri-point Y000 berukuran 1,3 mm (1 buah, ditandai dengan warna merah) dan 1,0 mm (2 buah, ditandai dengan warna orange) yang mengunci plat pelindung konektor front panel sensor assembly. Kemudian angkat plat pelindungnya menggunakan tweezers.


Langkah 6

Cungkil konektor front panel sensor assembly dari soketnya pada logic board menggunakan spudger.


Langkah 7

Display assembly berhasil dilepas.


Langkah 8


Buka 5 sekrup Phillips berukuran 1,8 mm (2 buah, merah), 2,3 mm (1 buah, orange), 2,4 mm (1 buah, kuning) dan 2,8 mm (1 buah, hijau) yang mengunci earpiece speaker. Kemudian angkat plat pelindungnya menggunakan tweezers.


Langkah 9


Cungkil front-facing camera menggunakan spudger dan lipat ke samping untuk membuka jalur earpiece speaker.


Langkah 10

Angkat earpiece speaker menggunakan tweezers.


Langkah 11




Lipat front-facing camera ke bawah dengan perlahan, kemudian tahan.


Langkah 12


1) Masukkan spudger atau opening pick pada bagian bawah fleksibel front-facing camera, kemudian geser perlahan untuk melepaskannya dari display.



2) Angkat front-facing camera menggunakan tweezers dan ganti dengan part yang baru.


Jangan lupa untuk mengaplikasikan kembali unit yang telah dilepas ke tempat semula beserta plat pelindung dan sekrupnya dengan langkah yang sama seperti saat pembongkaran. Selamat mencoba.