021-2992-4473 021-2265-5517

blog

Blog / Bukan mitos! Berikut tips jitu merawat baterai iPhone


Bukan mitos! Berikut tips jitu merawat baterai iPhone



Jika diibaratkan, baterai itu seperti jantung bagi iPhone. Tanpa baterai, iPhone tidak bisa digunakan sama sekali. Sehingga baterai ini menjadi komponen yang sangat penting bagi iPhone dan kamu sebagai penggunanya harus merawat baterai tersebut dengan baik dan benar.


Tetapi banyak masalah yang kerap ditemui pada baterai iPhone, salah satunya adalah baterai yang cepat habis dan ditandai dengan menurunnya angka statistik Battery Health.


Yuk simak tips jitu dan ampuh untuk merawat baterai iPhone dan menjaga Batery Health iPhone-mu agar tetap stabil.


1. Hindari lingkungan dengan suhu yang ekstrem




Dilansir dari Apple, iPhone ini dirancang untuk digunakan secara optimal pada suhu dengan kisaran suhu 0

? hingga 35?C. Jika suhu lingkungan tersebut di atas 35?C, bisa mengakibatkan kerusakan pada kapasitas baterai secara permanen. 


Kamu sangat tidak dianjurkan untuk memainkan iPhone-mu saat sedang di-charge karena akan mengakibatkan iPhone tersebut menjadi lebih panas dibandingkan dengan biasanya.


Bukan hanya suhu di atas 35?C saja yang dapat merusak baterai iPhone-mu. Bahkan saat kamu menggunakan ponsel dengan suhu lingkungan di bawah 0?C atau sangat dingin juga dapat menurunkan daya kapasitas baterai iPhone tersebut. Namun, hal ini hanya bersifat sementara hingga suhu normal kembali. Jika suhu kembali normal maka performanya pun akan kembali normal pula.



2. Matikan atau non-aktifkan perangkat iPhone saat sedang mengisi daya




Disarankan untuk menonaktifkan ponselmu saat sedang mengisi daya. Jangan pernah memainkan ponsel yang sedang di-charge untuk melakukan aktivitas berat seperti editing video, merekam video atau bermain game. Hal tersebut dikhawatirkan membuat daya yang keluar lebih besar dibandingkan daya yang masuk ke dalam baterai. Selain itu juga memberikan efek suhu baterai atau iPhone menjadi lebih panas. Jika demikian maka akan bisa berdampak buruk bagi kesehatan baterai iPhone-mu.


Jika dirasa tidak ada keperluan yang mendesak seperti menunggu dan membalas pesan dari orang penting atau yang lainnya, lebih baik nonaktifkan ponselmu saat sedang di-charge atau gunakan mode Airplane untuk sementara agar baterai kamu tetap awet.



3. Lepaskan Case iPhone saat sedang mengisi daya




Terdapat beberapa jenis case iPhone yang memiliki bahan cukup tebal dimana dapat mengakibatkan menumpuknya suhu panas yang berlebih saat sedang di-charge. Hal ini bisa mempengaruhi suhu baterai. 


Alangkah baiknya lepaskan case tersebut jika dirasa ponselmu cukup panas saat sedang di-charge



4. Jangan tunggu baterai hingga 0% untuk di-charge




Jenis baterai iPhone adalah lithium-ion. Baterai dengan jenis ini akan cepat mengalami kerusakan jika tidak diisi daya listrik sama sekali. Jika kamu terus men-charge dalam posisi baterai 0% akan mempengaruhi penurunan pada kesehatan baterai. Jadi, disarankan untuk segera men-charge ponselmu saat baterai menyentuh angka persentase 20% atau muncul notifikasi seperti gambar di atas.



5. Optimalkan brightness dan aktifkan Lower Power Mode




Lampu layar yang terlalu terang dapat mengkonsumsi daya baterai lebih besar dan membuat iPhone menjadi cepat panas. Oleh karena itu kamu dapat optimalkan tingkat kecerahan layar sesuai dengan kenyamanan kamu saat memainkan ponsel. 


Disarankan juga untuk mengaktifkan ‘Auto-Brightness’ guna menjaga keawetan baterai. Cara mengaktifkannya yaitu, buka Pengaturan lalu pilih Umum, selanjutnya pilih Aksesibilitas lalu pilih Akomodasi Layar dan aktifkan Auto-Brightness.


Selain Auto Brightness, kamu juga disarankan untuk mengaktifkan Lower Power Mode yang berguna untuk menghemat penggunaan baterai. Mode ini dapat dengan otomatis mengoptimalkan kecerahan layar, meminimalkan aktivitas background seperti proses pengunduhan email dan pengunduhan lainnya. 



6. Jangan biarkan iPhone tetap tercolok ke listrik saat baterai menyentuh angka 100%



Hal ini bisa disebut dengan istilah ‘Overcharge’. Jangan sekali-kali kamu membiarkan ponselmu tetap tercolok ke listrik sedangkan persentase baterai kamu sudah di angka 100%. Hal ini dapat merusak baterai dalam jangka panjang seperti Baterai Kembung. Tidak perlu takut jika kamu mencabut ponselmu saat persentase baterai belum menyentuh angka 100%, justru itu hal yang bagus untuk menjaga kesehatan dan keawetan baterai iPhone-mu.



7. Gunakanlah kabel dan power adapter Original




Satu hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk merawat baterai iPhone-mu adalah dengan menggunakan charger original dari Apple dan tidak menggunakan charger KW ataupun abal-abal. Karena charger original ini dapat menjamin arus dan daya listrik yang masuk selalu stabil dan sesuai dengan spesifikasi iPhone-mu. Jika kamu masih nekat menggunakan charger yang tidak original, maka kamu harus menerima resiko jika baterai ponselmu akan mudah cepat rusak dan kemungkinan besar juga dapat merusak layar iPhone-mu.


Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara merawat baterai iPhone-mu dengan baik dan bijak. Tetapi jika nasi telah menjadi bubur alias baterai iPhone-mu sekarang mengalami Baterai Kembung segera service dan minta solusi dari tim kami ya dan jangan lupa bawa iPhone mu kesini.